Minggu, 02 November 2014

Artikel Bahasa Indonesia



Kucing sebagai Tambang Rupiah

Kucing adalah sejenis hewan mamalia karnivora. Mamalia artinya hewan yang menyusui, sedangkan karnivora artinya hewan yang memakan hewan lain, umumnya yang ukurannya lebih kecil dari pemangsanya. Kucing merupakan nama keluarga dari hewan berkaki empat dengan ciri-ciri yang hampir sama. Kucing terbagi atas dua jenis, yaitu kucing besar dan kucing jinak. Kucing besar terdiri atas harimau, singa, puma, dan lain-lain. Sedangkan kucing jinak adalah kucing yang biasa dijinakkan oleh manusia sebagai peliharaan, walaupun tidak semuanya jinak. Bahkan kucing besar, seperti harimau dan cheetah, beberapa juga dijinakkan. Kucing sudah dijinakkan oleh manusia sejak 6.000 tahun sebelum masehi. Orang Mesir Kuno sudah menggunakan kucing untuk mengusir tikus atau hewan pengerat dari lumbung penyimpanan hasil panen.
            Penjinakkan hewan disebut juga domestikasi, yaitu proses menjinakkan hewan guna keperluan manusia. Kucing rumahan merupakan salah satu hasil domestikasi. Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia, saat ini. Beberapa kucing dipelihara untuk dijadikan hiasan atau kesayangan, sedangkan yang lain menggunakan kucing sebagai pengusir hawa tikus.
            Hewan kesayangan menjadi trend saat ini. Kucing merupakan salah satu hewan kesayangan yang populer. Kucing peliharaan dari ras asli, seperti Persia, anggora, dan shpinx memiliki nilai jual tinggi. Alasan itulah yang mengundang kreativitas pebisnis muda untuk mengembangkan hobi memelihara kucing, yaitu dengan mengembangbiakkan kucing. Kucing dikembangbiakkan dengan cara mengawinkan kucing jantan dan betina yang dimasukkan ke dalam satu kandang. Kucing termasuk hewan yang mudah kawin dan berkembang biak, sehingga pengembangbiakkan kucing sangat mudah dilakukan. Dari perkawinan kucing tersebut, didapatkan anakan dengan jumlah 5-6 ekor kucing dalam sekali kelahiran. Anakan kucing kemudian dibiarkan tumbuh bersama induknya sampai usia sekitar 2 bulan, hingga cukup dewasa kemudian dijual. Kucing-kucing dari berbagai ras dapat dikawin silang, sehingga menghasilkan jenis baru yang menarik. Kemenarikkan itu menjadikan harga kucing ini semakin mahal, karena itu sangatlah menguntungkan apabila bisnis ini dilakukan.
             






Maya Elvira Castro (Kelas A/ 06637)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar